Tuesday, October 11, 2016

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Saat Hamil

Di saat hamil, wanita di harus kan selalu ekstra hati – hati di dalam menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan pada janinnya. Menjaga bebragai kebiasaan yang baik dapat menjaga kesehatan dan menjaga janin agar tetap tumbuh sehat dan normal. Namun sering kali kita dengar beberapa mitos mengenai perempuan yang sedang hamil. Seperti ngidam yang konon harus dituruti oleh ibu – ibu yang sedang hamil.

Berbagai kebiasaan buruk yang harus dihindari baik pada saat hamil muda maupun hamil tua meliputi beberapa kebiasaan penting di bawah ini. 

Tinggalkan Kebiasaan Buruk Ini Saat Hamil

Kebiasaan buruk saat hamil yang harus ditinggalkan

Pola makan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kimia
Makanan yang beredar di supermarket serta toko – toko bahan makanan sering kali tidak baik untuk tubuh kita. Makanan biasanya mengandung pengawet. Makanan yang mengandung pengawet ini tidak baik dikonsumsi secara intens bagi tubuh kita. Selain itu kandungan MSG pada suatu makanan juga tidak baik jika dikonsumsi waktu yang sering apalagi saat hamil. Untuk itu tinggalkanlah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pengawet dan MSG saat hamil

Makanan manis dan asin
Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam dan gula secara berlebihan sering dapat menyebabkan ibu hamil mengalami diabetes dan darah tinggi. Kondisi ini tentu sangat dihindari saat wanita sedang hamil.

Minum minuman berkafein
Minum minuman berkafein tidak dianjurkan saat hamil. Hal ii dapat menyebabkan bayi lahir premature, berat badan tidak normal serta mengakibatkan masalah lain bagi janin. Bagi ibu hamil sedniri, mengkonsumsi minuman berkafein dapat menyebabkan tensi darah naik.

Kurang mengkonsumsi air putih
Kurang mengkonsumsi air putih dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Kepala pusing, mual dan sembelit bisa saja terjadi jika kekurangan mengkonsumsi air putih secara terus menerus. Apalagi saat hamil, maka perlu minum air 8 s/d 10 gelas per hari.

Makan berlebihan dan sering
Seringkali kita menengar jika mengkonsumsi makanan dengan intensitas sering maka akan baik bagi tubuh. Namun kita harus perhatikan porsi dari makanan yang dikonsumsi tersebut. Porsi makanan yang sama dengan porsi makan normal tentu tidak dianjurkan. Seharusnya posrsi makan dikurangi dan bolehlah kita mengkonsumsinya lebih dari 3 kali.

Selalu menuruti hasrat ngidam
Seperti telah disinggung diatas, keinginan ngidam sering di ikuti ibu – ibu hamil terutama masyarakat Indonesia. Padahal jika tidak mengetahui apa manfaat dan kandungan makanan yang dikonsumsi maka bisa tidak baik untuk tubuh ibu hamil sendiri maupun bagi si janin.

Kabiasaan buruk terhadap gaya hidup

Tidak pernah olah raga
Olah raga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Apalagi di saat hamil maka olah raga dapat membantu mengatasi berbagai keluhan seperti seinr pegal – pegal, mudah lelah, pusing dan mual. Olah raga rutin juga dapat membantu proses persalinan lebih mudah.

Merokok dan minum alkohol
Gaya hidup di kota – kota besar biasanya sering kita lihat mereka banyak yang terbiasa mengkonsumsi alkohol dan rokok. Jika sudah kecanduan, maka bisa saja kebiasaan tersbut dilakukan saat sedang hamil.
Suka berpakaian ketat

Gaya mode pakaian ketat bisa saja terbawa saat sedang mengandung. Tentu pakaian tersebut akan membuat tidak nyaman bagi tubuh dan janin di dalam perut. 

Memakai sepatu hak tinggi
Memakai sepatu dengan hak tinggi sangat beresiko badan terjatuh. Saat hamil berat badan akan naik sehingga tubuh dan kaki akan menopang berat badan tersebut lebih berat dari biasanya.

Cara mengolah masakan yang salah
Makanan yang diolah terlalu matang dapat menghilangkan nilai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Sedangkan kan mengolah makanan yang kurang matang atau mentah dapat beresiko adanya bakteri yang masih hidup di dalam makanan tersbeut. Oleh karena itu makanan harus diolah dengan kondisi tidak terlalu matang dan mentah.

Tidak memperhatikan aktifitas

Terlalu berat daam menjalankan aktifitas dapat menjadi persoalan yang serius. Kondisi fisisk saat hamil berbeda dengan konsisi fisik saat tidak hamil. Jika terlalu capek atau tubuh terforsir oleh pekerjaan – pekerjaan berat maka bisa saja terjadi keguguran.

Melakukan program diet saat hamil

Ketakutan memiliki tubuh gemuk dikarenakan saat hamil berat badan naik, maka diet pun dilakukan saat hamil. Hal ini tentu tidak tepat karena diet saat hamil jika dilakukan dengan tidak memperhatikan pola makanan yang benar dapat berdampak buruk bagi si ibu maupun bagi kesehatan janin.

Posisi tdur yang salah
Posisi tidur yang salah saat hamil adalah tengkurap. Posisi tersbeut dapat menekan perut sehingga janin atau bayi dapat tertekan. Hal ini tentu tidak nyaman bagi bayi itu sendiri.

Tidak memperhatikan posisi tubuh

Tidak menjaga posisi tubuh saat hamil juga tidak baik untuk ibu hamil sendiri. Jaga tubuh untuk tegak agar bayi di dalam kandungan tidak tertekan.

Menggunakan kosmetik dengan bahan kimia
Menggunakan berbagai kosmetik yang mengadung berbagai bahan kimia tidak baik untuk kesehatan janin. Hal ini dapat beresiko bayi cacat dan bisa teradi keguguran.

No comments:

Post a Comment